cursore

Watermelon

Selasa, 15 Maret 2011

Menjadi Programmer


Beberapa koder (programmer) merupakan koder yang baik. Bagaimana cara mengindentifikasinya ?


  1. Anda harus mengetahui bagaimana caranya membaca Stack Trace . Saya tahu ini bukan prioritas (hanya menyedihkan), tapi beberapa developer terlihat bingung melihat stacktrace. Walaupun bukan prioritas tapi dapat menyisihkan beberapa orang.
  2. Mengetahui semua alat yang digunakan : IDE, editor, & Sistem Operasi. Pilihlah peralatan yang menurut anda "Kuat" dan dapat melayani anda dalam membuat program.
  3. Mengetahui bahasa pemrograman jika anda mengungkapkannya di kode dan anda mengetahui bagaimana menerangkannya. Pelajari setiap bagian/sintak dari bahasa pemrograman. Dapatkan pengertian secara garis besar dari setiap library.
  4. Anda harus dapat mengunduh (men-download) aplikasi 3rd Party. Dapatkan contoh kode yang dapat dikompilasi, kemudian buatlah perubahan dan mengetahui library apa yang digunakan. Kalau bisa dekompilasi programnya untuk mendapatkan source.
  5. Harus mengerti cara mecari kesalahan (debugger)
  6. Mengetahui bagaimana menggunakan profiler. Dalam waktu yang sama anda harus mengetahui kenapa programnya berjalan lambat. Developer yang baik dapat mengatasi profiler dan dapatkan jawaban.
  7. Baca Spesifikasi. Sebuah keharusan setiap developer dapat membaca spesifikasi sebelum membuat program. Developer yang baik membaca spesifikas terlebih dahulu, ketika selesai buat program yang sekiranya kurang.
  8. Bacalah kode. Menulis program itu menyenangkan, tetapi buat developer yang baik, membaca kode orang lain, dapat mengerti, serta dapat membuat kode yang lebih baik (jauh lebih menyenangkan).
  9. Biasakan membuat program dengan baris perintah (Command Line). Ya .. GUI menyenangkan dan bagus, tetapi tidak mengasah kemampuan.
  10. Buatlah Build Sript. Cara mudah mencari developer yang bagus adalah developer yang dapat membuat build script, karena dia mengetahui apa yang harus dilakukan.

Kesimpulan :
Developer yang baik adalah developer yang dapat menggali, membaca, mengerti dan belajar. Programming adalah Knowledge Bussiness walaupun usia (salah satu ) program sudah uzur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar